Wednesday, August 25, 2004

Keluyuran di Pantai Banten


Denyut kesibukan kota mulai terlihat begitu mobil yang kunaiki memasuki gerbang tol Kebon Jeruk. Aku masih sibuk mengupaskan kacang kulit untuk Abi yang ada di pangkuanku, sementara Ukie, sang Papi, ada di sebelahku. Berkonsentrasi di balik kemudinya, mencoba menerobos kemacetan kecil Jakarta.

Lampu2 kota telah sejak tadi menyala. Abi masih sibuk berceloteh mengenai berbagai hal yg keluar dari otak kanak2nya... Tak kenal lelah.!! Padahal selama di jalan kita cukup sibuk “bertarung” monster2an. Kulirik arlojiku, jam 7 malam. Jakarta, here I am, back to your life!!

[2 days earlier]

Angka 16.45 terpampang di pojok kanan bawah komputerku. Saatnya bersiap-siap pulang. Dengan beberapa kali “Alt+F4”, Dell hitam itu menjadi semakin hitam, gelap, tak lagi ada setitik cahaya dari tubuhnya. Mati. Kusambar tasku, langsung keluar menuju lift. Sekilas meraba leherku.. hmm, masih sedikit hangat.. Ah, gak pa-pa.. rencana harus tetep jalan!!

Sebentar saja aku sudah di kost dan segera bersiap. Ku-cek lagi packing yg telah siap sejak kemarin malam. Memastikan tak ada yg terlupa, then.. berangkat..!!!

Sampai di meeting point, Rusun Pejompongan, sebagai “titik nol” kami, telah menunggu Ncung & Indro lengkap dgn semua peralatan dan perbekalannnya. Agal lama, Alex & Uut datang, disusul Ukie and family. Total personil: 8 orang! Jauh berkurang dari rencana semula. Banyak anggota gank yg batal ikut

Perbekalan udah di-loading... saatnya berangkat.. Here we go to Anyer... walaupun molor 1 jam.. seperti biasa.. he..he..
Sampai di Wisma Asahi setelah hampir 2 jam di jalan. Sebuah perjalanan yg lancar. Udah jam 11 malam, tapi masih banyak tenaga utk chit chat.. dan main remi beberapa putaran.

[first day]

Kantukku karena hanya tidur 3 jam sontak lenyap. Aroma laut yang segar memenuhi peru-peruku. Beberapa kapal kayu carteran bersandar di dermaga, sementara tak sedikit perahu nelayan yg pulang dari melaut. Melintas di depan kami menuju Tempat Pelelangan Ikan yang hanya 50 meter di kanan kami. Gelondongan2 besar kayu yang tampaknya didatangkan dari Kalimantan bertumpuk di seberang dermaga, sementara kapal kargo-nya yg besar lego jangkar agak jauh. Lebih jauh lagi../ mengundang decak kagum berkali2... kemerahan matahari pagi yg muncul dari balik bukit kecil. Cukup lama mencari akta2 yg lebih spektakuler, namun gak dapet.. kecuali.. Beautiful..!!

Mesin Mitsubishi 18 PK mulai menderu, melajukan kapal yg kami tumpangi menuju titik pemancingan. Cukup jauh ke tengah, cukup pula untuk memualkan sebagian kami, aku masih bisa bertahan. Sampai di lokasi, praktis hanya Alex dan tukang perahu yg jadi mancing, selebihnya.. tewas kena mabuk laut.. termasuk gue.. ha..ha..!!! Burung2 laut yg secara ajaib mengapung di air laut masih gagal menghalau mual. Salah sendiri sebelum berangkat pada ogah nenggak antimo. Dan Alex pula yg dapet ikan banyak.. yah.. setidk-tidaknya makan siang gak garing2 amat.

Tengah hari menuju Pulau Sangiang. Surprise..!! 2 kali berpapasan dengan sekelompok dolphin di sekitar kapal kami. Begitu dekat, begitu nyata, begitu alami. Sayang, gak sempat mengabadikan, terlalu cepat.
Pulaunya sendiri sangat menarik, cuma kita gak sempat explore sampai ke pelosok2nya. Air pantai yang jernih, dan karang yg indah. Bakar2 ikan hasil pancingan, leyeh2 of course, sempat berenang & snorkling juga sebentar.

Cukup sore saat rombongan memutuskan pulang. Laut yang mulai pasang cukup tenang, tapi itu Cuma 1/4 perjalanan, selebihnya.. terguncang-guncang hebat. Angin darat yang tadi membantu laju kapal kini datang dari arah lambung kanan. Akibatnya... oleng ke kiri.. oleng ke kanan.. lala..lala..lalalalala...
Semua terjaga. ALERT..!!! gak kepikiran lagi buat mabuk laut. Cuma Abi yg dgn cueknya tertidur di dek. Tinggal papi-nya aja yg kelabakan ngejagain, he..he...

Sampai mess udah gelap. Mandi trus makan malam. Masih sempat main bilyar beberapa game, tapi harus brenti. Maklum.. kondisi meja dan peralatan justru bisa ngerusak skill..!! Sorry ya buat bapak2 Asahi..

[day-2 : present time]

Tak banyak yg terjadi pagi selama pagi ini. Masak & sarapan sandwich bersama, ngobrol ngalor-ngidul wetan-kulon, nimbrung-in Abi yg sibuk dgn rajungan yg dibawanya dari Sangiang kemarin, meladeninya smackdown. Selebihnya.. ringkes-ringkes.. packing..!! Thx to Alex sebagai karyawan Asahi yg udah ngurusin penginapan.. makasih ya om satpam.. ta..ta..

Anak kecil itu lucu ya...
Suatu ketika ia ngotot dgn keinginan yg hrs terpenuhi, atau bergairah ngerjain sesuatu. Tapi hanya dlm hitungan bbrp menit, semua bisa berbalik 180 derajat! Entah apa yg ada dalam benaknya. Pagi2 ngotot pengen makan kelapa muda yg juga dibawa dr Sangiang. Terpaksa deh Sang Papi bela2in buka kelapa pake victorinox, berkorban sampe terluka. Hasilnya.. tidak lebih dari beberapa tegukan dan 5 kunyahan Abi.. hi..hi..hi...

Sepanjang jalan menuju Carita, hampir tak terlihat bagian pantai yg nggak dikomersilkan.
Inilah pembangunan, right??
Kita nemu satu tempat yg gak terlalu ramai & sangat teduh. Santai di keteduhan dangau, masak-masak lagi..!! My most fave part in camping!!. Trangia disiapkan.. Pop-Mie with tuna plus a lot of beer mengalir. Beberapa klik foto terekam. Juga berhasil menangkap beberapa ikan yg terperangkap di karang karena laut sdg surut. Abi kesenangan, Papi-nya sibuk membujuk agar Abi tak usah membawanya ke jkt, sementara ibunya tampak kesal gara2 sang Papi ngebolehin Abi minum sedikit bir.
“Biarin.. cobain.. biar gak penasaran.. toh nanti kalo besar minum juga..”
Ancuur..!! Untung sang Anak gak doyan karena pahit.

Lanjut mengarah ke Tanjung Lesung dan mampir lunch di Rumah Makan “Lancar”. Otak-otaknya endang guli-gulindang..!! The Best..!! Murah pula... ber-8 cuma habis 140 rebu.. dah termasuk nasi putih, minum, lalap, 18 otak2 seharga 1500 per buah dan tentu saja ikan kakap bakar segede bagong! A should try..!!

  
Tanjung Lesung ternyata gak sesuai dgn yg kita bayangkan.. agak2 kecewa sih.. padahal masuk kawasannya aja hrs bayar. Pantai yg gersang, dan kurang memfasilitasi pengunjung2 amatir. Mungkin kalo pake acara nginep di hotelnya & mengeluarkan segepok besar uang, baru terasa berkesan.. ah, not my type of vacation..

Walau begitu, harus gue akui kalo pantainya, particularly, sangat bagus. Jernih dgn karang2 yang indah, bahkan terlihat jelas tanpa harus ber-snorkling. Banyak teripang euy.. Dengan agak2 geli, gue berani juga megang. Teripang itu lembut di air, keras di udara.. ha..ha..

Kita orang gak lama disini, karena Indro hrs buru2 balik ke Jakarta, ada janji. Jam 4-an, cabut deh. Mobil sempat terjebak pasir pantai. Dorong.. dorong...!! Beruntungkita dibantu sama bbrp sons of beach (jgn salah baca!!). Upahnya.. Pop-Mie seorang satu. Jangan rebutan yak..!!
Kepolosan mereka mengucapkan beribu terima kasih membuatku tersenyum. Apalagi tak sedikit yg bingung dengan reward yg diterimanya. “Apa ini?” jelas terbaca dari kernyitan dahi mereka.

Balik. Kini kita lewat Pandeglang. Lebih cepat dan tidak membosankan. Berkelok-kelok.. susah payah menyalip truk di depan..
Abi..?? masih ngoceh dong.. teteeep...!!!

No comments: