Wednesday, July 14, 2004

kecil, rakus & membius - pets #2

   
In memoriam of Popo, Owi, Biba and Pacil

Sesuai janji di tulisan sebelumnya, ini artikel kedua gue tentang pets.. hope you can enjoy it.. Sebenernya makhluk ini tidak punya peran fungsional yang terlalu besar, selain kelucuannya dan bius yang menenangkan oleh gerak-gerik dan tingkahnya. Nope.. I’m not talking about people.. it’s a fish!. Bukan ikan paus, hiu, gurame atau mas (di-arsik pasti yummy!) tentu saja, tapi ikan hias bow..

Masih inget film finding nemo? Nemo si clown fish itu lucu banget ya.. salah satu film kartun yg bagus banget menurut gue.. whaddaya think? Sekarang waktunya gue cerita tentang piaraan gue yang menempati urutan kedua, setelah doggie. Kok ikan hias di urutan kedua..? Simple.. liat aja.. berapa banyak rumah yang mempunyai akuarium di dalamnya..?

Terakhir gue punya ikan sekitar setahun yang lalu. Awalnya iseng aja beli akuarium karena ada yg jual murah, mau pindahan kost.. Lanjut cerita.. akhirnya kejadian deh gue memelihara, dan mengasuh, Popo, Owi, Biba, dan Pacil dari kecil hingga sampai hampir setelapak tangan. Walaupun keempatnya adalah ikan-mas-koki, tapi penghuni lain tetep ada dong.. Cuma ya.. lebih sebagai pelengkap. Aktor utama ya teteeeep... keempat "tuyul" kecil itu... :)

Memelihara mereka adalah keasyikan sendiri. Nguras akuarium minimal 2x seminggu, beli makanan, tambahan ikan, obat anti jamur, pompa & saringan air, dan berbagai perlengkapan yg lain. Untung semua tersedia di Barito.. tempat yang lengkap untuk urusan ikan hias. Belum lagi kalo ada yang terserang penyakit.. waah.. harus cepet-cepet dilakukan tindakan rescue... targetnya.. si ikan sembuh dan yang lain tidak ikut-ikut terapung miring (tanda2 kalo sakit).

Kalo dipikir-pikir... memelihara ikan lumayan ribet juga jek... butuh keseriusan dan makan biaya!! Tapi semua itu cukup sebanding kok dengan kepuasan yang loe dapet dari mereka.. tapi bukan berarti mereka adalah alat pemuas.. no..no..no.. Sensansi tersendiri melihat mereka berkumpul di permukaan saat waktunya ngasih makan, bahkan me-notol2-kan mulutnya yang mungil ke jari tangan gue yang masuk sedikit ke air.

Baru gue dekatin akuariumnya, mereka dah ngumpul tuh.. dah tau kalo bakal having meal. Saking sayangnya gue sama mereka, sampai-sampai... bangun pagi nih, gue bukannya langsung mandi dsb, tapi justru ngasih makan ikan dulu..!! Duh ikan.. beruntung deh loe punya gue.. huekk... huek.. huek... :)

Setiap hari, seringnya mereka gue tinggal ngantor. Nah.. pas balik ke kost.. capek, stress, lemas, letih, lesu...*you name it lah*... karena kerjaan di kantor, jauh berkurang saat loe ngasih makan mereka sore harinya. Gue susah nemuin kata yg bisa mewakili sensai itu.. mudah2an “DAMAI” cukup representatif. Can you imagine the scene when I lay down on bed trying to sleep, with the only light came softly from the fish tank which allow me to see them swimming around? God.. gue kehilangan mereka...banget..!! Banyak yang telah terjadi... dan saat itu mereka-lah yang menemani...

May You All, Popo, Owi, Biba, Pacil, Rest In Peace.

No comments: