Monday, July 12, 2004

sahabat terbaik manusia - pets #1

Click to enlarge Bobi   enlarge us..!! enlarge us..!!

Berapa banyak dari kita yg punya (minimal pernah) binatang piaraan..?? Ada yg punya doggie, burung, marmut, hamster, kelinci, ayam, atau bahkan piggy!!
Pasti lebih dari 70%. Ini bukan suatu hasil riset yang terpercaya.. cuma terbatas pada keyakinan gue sendiri. Angka ini mungkin akan lebih besar lagi jika definisi pets lebih diperluas. Beberapa orang tertentu --ambil contoh: teman, saudara bahkan pasangan tetap-- kita masukkan ke dalamnya..ha..ha..ha..!! *joke*
Ngelantur ah, anyway, gue lagi pengen cerita tentang pets yang pernah gue punya, atau punya beberapa temen gue.. *iya,iya... tenang aja.. manusia tetep gak aku masukin sebagai hitungan..*

Gue mau cerita ttg piaraan pertama gue...
Her name was Bomer *kata Yessy namanya gak cocok.. terlalu macho buat seekor betina*.. Anjing pertama yg gue punya.. biasa aja.. anjing kampung cewek warna hitam dengan sedikit bulu putih.. ahh.. still can remember the way she swung her tail... apalagi kalo mau dikasih makan.. bagaimana mereka tiba2 menjadi “sok akrab” saat itu..berdiri dengan kedua kaki belakangnya, bahkan kadang melompat meraih sejumput “cake kesenangannya yg sengaja kupegang di udara. Gak bakal gue turunin sampe dia kelihatan frustasi. Hebatnya, mereka kadang ngerti kalo lagi diisengin.. ya gitu deh.. pura2 ngambek.. padahal begitu disodorin.. hap.. amblas!!

Anjing kedua yg kupunya bernama Nero, diambil dari nama seorang kaisar kejam pada jaman Romawi yang membakar kotanya sendiri. Sebuah nama mencerminkan pemiliknya. Nero-ku ini totally black & bener2 galak. Siapa aja yg lewat di depan rumah pasti dapet “sorakan” khasnya. Bahkan lebih. Gak ke-itung pejalan kaki, pengendara motor dan sepeda yang diterjangnya. Pastilah.. semua berakhir dengan jerit histeris ketakutan, damprat dan caci maki yang terlontar ke udara bebas..
Bahkan tuan-tuannya sendiri pernah dia gigit. Gue tentu saja tidak bermaksud sengaja waktu menginjak ekornya suatu ketika.. atau waktu mencoba melepaskannya saat terjepit di pintu pagar. Gigitan yang tidak sepenuh hati memang.. tapi tetep aja sakit bow.. Nakal kamu Nero!!

Gue masih inget saat membawanya main petak umpet di padang yg penuh alang2 tinggi di sebelah Timur kompleks gue. Sama temen2, dengan sepeda BMX yg sedang nge-trend saat itu, mencoba mengelabuinya. Selalu saja dia berhasil nemuin kami, seolah2 punya radar berteknologi antariksa.. Atau saat membawanya main ke pantai. Si Nero seneng banget berenang2 bersama ombak itu.. bikin takjub aja.. Nero..Nero.. kok loe bisa jago berenang dalam sekejap aja.. sementara gue, masih banyak megap2nya!!

Yeah.. itulah Nero, yg meninggalkan begitu banyak kesan di sekeluarga kami. Nero yang menjadi ayah dari doggie2 kami selanjutnya.. dengan Bomer sebagai ibu rumah tangganya. Selanjutnya, nama-nama seperti Bruno, Buster, Neri, siapa lagi ya.. lupa.. Yang jelas yg terakhir adalah Xaviera of Lucky Star yg hanya mau noleh kalo dipanggil Vera, her callsign.. *ya iyalah, panjang amat namanya*.. Doggie dari jenis Pomeranian ini ilang diambil orang saat Vera abis pipis di lapangan deket rumah gue... ini kebiasaannya tiap sore menjelang malam... sedih deh...hik..

 enlarge Sam..!! Frodo is here..!!
Begitulah, anjing kutempatkan sebagai hewan peliharaan peringkat pertama. Dog is a man’s best friend. Karena tidak saja setia, mereka juga pintar, berguna, patuh namun tetap lucu dan menggemaskan.. *kecuali kalo lagi pipis atau pupi sembarangan...grrr...*
Dan bukan cuma gue yang berpendapat begitu. Tanya aja sama para polisi K-9, atau Yessy tentang Bobi kesayangannya, yang begitu senang diajak jalan-jalan...*Yes, tambahin cerita ttg Bobi di comment ya*. Ada juga Sam & Frodo, dua peranakan spaniel-peking yang diasuh Tanti sejak kecil, yang merepotkan sang empu-nya tengah malem karena minta susu dan e’ek seenak udelnya.. *Tante Tanti, give your story in comment also pls*. Mau bukti lagi.. lihat aja.. udah berapa banyak film yang menokohkan makhluk berkaki empat ini.. dari Rin Tin Tin sampai Scooby-Doo, dari Beethoven sampe Snoopy!

So.. saatnya kebahagiaan loe harus di-share di sini. Ceritakan ttg mereka di comment.. ya...ya...ya... guk..guk...!

PS: tunggu episode kedua ttg pets -- ikan hias, dalam minggu ini. Don’t miss it :)

9 comments:

mappa said...

I myself concern about animals. look at my footer message on the very bottom of this page for additional info.

Anonymous said...

hehehehe..... nice story..... makin gape aja neh nulisnya...;p

-rs-

ninaputi said...

Mappa, elo bener banget kalo sebagian besar orang punya piaraan, contohnya papah gue. Beliau sering berantem sama ibu gara-gara piaraan. List piaraan papah selama gue tinggal di rumah selama kurang lebih 18 tahun ini nih: kucing (sekitar 22 kalo dijumlahin), burung (ratusan), kelinci (14), marmut (3), musang (1), anjing (2), bunglon (2), kalong (4), bajing (6), Tikus putih (3), ayam kate (20), ayam hutan (5), kura-kura (5), bulus (3), ikan laut n tawar (ngga sempet ngitung). Itu yang gue inget aja.

Sayangnya itu ngga menurun ke gue. seumur2 gue punya piaraan cuman 1 ekor, pas gue kuliah di semarang. Namanya dukidukeling (alm.), seekor bebek yang gue beli di simpang lima. Maksudnya gue miara bebek itu biar bisa disembelih pas syukuran wisuda. Ternyata bebek gue cuman berumur 5 hari, meninggal di pelukan gue. sejak itu trauma, nggak mau punya piaraan lagi. terlalu menyakitkann...

mappa said...

thanks rin.. bisa aja loe flattering gue.. he..he..

buat ninaputi, wah.. itu rumah apa kebun binatang ya jadinya.. loe serius tuh.. gile bener.. salut-salut atas kecintaan papah loe.. hmm.. kalong gitu.. possible sih.. *sambil manggut-manggut*..

Anonymous said...

week...hari ini bobi lepas dari kandangnya...tapi berkat kecekatan para team pawangnya...dia bisa kembali ke kandang dengan selamat. gue tidak dapat membayangkan ongkos untuk ganti kerugian ayam yang di kerjain ataupun ongkos dokter hewan yang harus dikeluarkan kalo dia terluka...ntar yah..gue bakal cerita lagi tetang pak bobi atau om jack gue!huaa leega!
-ym-

Anonymous said...

Ha..ha..ha..
Jadi inget bagaimana si Nero ngejer2 Kambing ato Sapi yang lewat depan rumah... :( ato saat dia sengaja disuruh2 buat ngejer mangsanya *shuh.. shuhh... shhuuh....*
What a nice moment..

Anonymous said...

Gue jadi ingat pertama kali menjemput Sam dan Frodo di tempat temen gue yang punya "peternakan" anjing ras campuran spaniel-peking (temen gue ini punya 17 anjing dengan ras yang sama dan 1 anjing bali), gue langsung jatuh cinta begitu melihat Frodo. Waktu mereka masih baby, Frodo itu bulunya hitam legam dan genduth montoq, itu alasannya gue jatuh cinta sekali sama Frodo. Kalau Sam ini pilihan adik gue. Sebenarnya adik gue suka dengan Cherry yang youngest one, but she was too small. We were affraid that she couldn't survive. Apalagi ini pengalaman pertama keluarga gue punya anjing peliharaan. Sebelumnya hanya sebatas ikan arwana dan burung poksai..alasannya nyokap yang alergi terhadap bulu anjing. Tapi ternyata nyokap gue udah nggak alergi lagi tuh. Mungkin karena Sam dan Frodo benar-benar dirawat dalam artian seminggu sekali mandi. Memang sih ada anjuran nggak boleh sering-sering dimandiin, tapi kita nggak tahan ama baunya. So far Sam dan frodo senang-senang aja tuh kalau dimandikan, apalagi kalau sudah minggu pagi pasti mereka "nagih" menggonggong ke arah bak mandi mereka...
Kenangan yang nggak akan hilang dari ingatan ...waktu mereka masih baby...mereka belum bisa minum susu dengan lidah mereka..dan nggak bisa ngontrol kapan mau pipis dan pup. Aduh gue serasa punya baby beneran. Setiap 2 jam gue bangun di malam hari untuk kasih mereka susu atau membersihkan pipis dan pup mereka. Dampaknya menakjubkan sekaleeee...I lost weight 2 kgs. Kalau elo-elo mau kurus tanpa susah payah...coba deh pelihara puppy tapi minimal 2. Dijamin Marie France aja kalah)): Tapi bener kata elo, pa...dog is man's best friend. Mereka bisa tau mood kita hari itu. Apalagi kalo gue lagi bete n mau marah...mereka langsung jaga jarak dan berusaha nggak buat ulah hari itu, tapi kalo mereka tau gue lagi happy....aduh buntutnya itu loh...gue sampe takut putus.
-tsw-

Anonymous said...

Gue punya beberapa piaraan anjing yang datang dan pergi. Yang paling berkesan adalah Bomer, Item, kitty, Dol dan Jack.
Tapi yang paling gue inget adalah Dol dan Jack. Dol itu kepanjangan dari penemu2nya, David, Only, dan Leo. waktu itu Dol ngikutin abang gue sampe kerumah. Mungkin dia tahu kalo kita majikan yang baek, makanya dia mau tinggal dirumah gue. Bahkan, udah sempet diangkat jadi Siregar ke tujuh!
Lalu, cerita tentang yayang gue sebelum bobi….namanya “Jack”. Gue biasanya, manggil oom jack. Abis…si oom ini gede banget, pan maminya “rotweiller”, sedangkan bapaknya “villager”. Katanya, cinta Papi and mami si om ini terpaut di dokter hewan…
Kalo inget ke dua ngijna gue ini, rasanya ngangenin, terutama kalo inget tampangnya yang ganteng-ganteng…gede, tegap, berbulu item mengkilat…dan wangi! Weleh..weleh, bangga banget deh kalo ngajak mereka JJS atau jogging bareng. Tapi, seringkali ngjjna gue ini juga nyusahin. Nyokap gue harus punya budget untuk ganti ayam tetangga, bahkan harus tebel kuping ketika ditegur mereka . Gue inget pada suatu hari, gue keluar rumah . gue gak tahu si om jack lari ngikutin gue dari belakang. Pas ngeliat ayam… naluri pemburunya si Jack keluar…nah dikejarlah ayam hingga terbirit-birit! jadilah ayam…jack…gue…kejar-kejaran! Well…karena si jack udah gak kekejar lagi, Gue balik deh… baru beberapa langkah, diempunya ayam marahin gue,” mbak… anjingnya dijaga yah! Dia sering banget ngejar ayam saya!” Dengan PD nya gue ngebela si Jack, “ gak kok tante, jack gak prnah ngejar ayam!” eh…dasar apes, datanglah si jack, dengan mata berbinar dan buntut buntungnya yang bergoyang-goyang dengan ayam mati di moncongnya! Aduh, man…caught in the act! Mokal abis…
Well… sekarang keduanya pergi dan tak pernah kembali! Sekarang gue punya si bobi setelah trauma punya anjing lama banget. Gue manggil dia si “muka lebar”. Bulunya putih ada coklatnya! Sekarang, si bobi gue taruh dikandang…. Karena dia seneng banget ngejar kucing!

mappa said...

denger cerita-mu Yes, gue jadi kepikiran.. pasti sebagian besar kita kehilangan doggie itu karena ilang ya.. jarang yg karena karena sakit atau tua..
Kalo ketabrak mobil juga ada beberapa.. tapi tetep aja jarang..